Laman

Selasa, 23 Desember 2014

Bagaimana Virus Demam Berdarah Menular

Ingin tahu Bagaimana Virus Demam Berdarah Menular? Berikut kami ulasa dalam arikel dibawah ini mengenai penyebaran penyakit demam berdarah. Selamat menyimak.

Seperti Apa Nyamuk Demam Berdarah?

demam berdarah
Nyamuk demam berdarah atau aides aegepty tidak tergolong rakus. Ia hanya menggigit pada jam-jam tertentu saja. Itu pun hanya nyamuk betina yang menggigit. Darah manusia dibutuhkannya untuk bertelur. Jam praktik nyamuk Aedes penyebab gejala demam berdarah dengue ini adalah di pagi hari pukul 06.00-09.00 dan sore hari pukul 15.00-17.00. Di luar jam praktiknya nyamuk betina hinggap di air jernih tergenang untuk bertelur.

Umur nyamuk Aedes hanya 10 hari, paling lama 2-3 minggu. Bertelur 200-400 butir. Per indukannya bukan di air kotor seperti nyamuk lain, melainkan di air jernih. Bukan pula sembarangan air jernih, tetapi air jernih yang tergenang tidak terusik. Biasanya di air dalam wadah (bekas berisi air hujan di pekarangan, talang air, ceruk pohon, atau wadah penyimpanan air bersih di dalam rumah, seperti tempayan, gentong, vas bunga, baki penampungan air di alas kulkas).

Virus dengue berukuran mikron saja. Terbagi menjadi 4 tipe. Ada yang ganas ada pula yang lebih jinak. Tanpa bantuan nyamuk, virus dengue tidak perlu ditakuti. Setelah berhasil memasuki tubuh manusia, virus hanya bertahan hidup tidak lebih dari 12 hari. Sesudah itu mati sendiri.
 

Bagaimana Virus Ini Menyebar?

Virus dengue berasal dari tubuh pasien yang sedang terserang virus dengue. Kemudian apabila ada nyamuk Aedes yang dua jenis itu menggigit tubuh si pengidap virus, virus akan bersiklus hidup di dalam tubuh nyamuk.

Nyamuk yang di dalam tubuhnya sudah bervirus lalu memindahkannya ke tubuh orang sehat setelah menggigitnya. Begitu seterusnya terjadi. Virus dengue berpindah dan berpindah lagi ke banyak tubuh sehat lainnya melalui gigitan nyamuk bervirus. Hanya nyamuk Aedes bervirus saja yang bisa menularkan penyakit DBD. Nyamuk Aedes yang di tubuhnya tidak membawa virus, bukan nyamuk penular gejala demam berdarah dengue.
 
Jarak terbang nyamuk Aedes bisa mencapai 100 meter. Maka, luas penyemprotan (fogging) apabila sudah terjangkit kasus gejala demam berdarah dengue, dilakukan sejauh radius 100 meter dari lokasi pasien DBD.
 
Nah itulah ulasan artikel mengenai cara penularan penyakit demam berdarah. Semoga bisa membantu Anda dan semoga Anda yang menderita penyakit ini bisa cepat sembuh.
 
Baca Juga Artikel Mengenai Obat Demam Berdarah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar